Sabtu, 27 Oktober 2012

Berwisata di Kota Cianjur

Cianjur merupakan salah satu kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat dengan luas wilayah 350.148 Ha. Sebelah utara Cianjur berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bogor dan Purwakarta, sebelah barat berbatasan dengan wilayah kabupaten Bandung dan Garut, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Samudera indonesia. Cianjur merupakan daerah yang strategis karena dilintasi jalur jalan negara antara Jakarta dan Bandung. Jadi bagi anda yang berniat berpergian ke Jakarta atau Bandung tidak ada salahnya melewati jalur ini, selain kita akan dihibur oleh pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk karena Cianjur merupakan daerah yang beriklim tropis, kita juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya ongkos tol bila dibandingkan dengan lewat tol.
Jika anda merasa jenuh dengan suasana kota yang hiruk pikuk atau anda ingin sekesar berjalan-jalan untuk refreshing, anda bisa berkunjung ke kota Cianjur. Bila di kota-kota besar, misalkan kota Bandung anda bisa bertemu dengan ratusan lampu rambu-rambu lalu lintas yang membuat sedikit kesal pengguna jalan, di kota Cianjur anda tidak akan sering bertemu dengan lampu rambu-rambu lalu lintas, ini karena di kota Cianjur hanya terdapat 1-2 lampu rambu-rambu lalu lintas. Jadi dijamin bila anda berkendara di kota Cianjur akan terhindar dari kemacetan.
Di daerah yang tidak terlalu luas ini terdapat banyak objek wisata yang mengagumkan dengan nuansa yang sejuk. Objek-objek wisata tersebut diantaranya adalah:
1. Taman Bunga Nusantara

 
Taman Bunga Nusantara adalah objek wisata agro yang terletak di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi Cipanas, Kabupaten Cianjur. Harga tiket masuk taman ini adalah Rp. 25.000,00 dengan waktu operasional Senin-Jumat : 08.00 s/d 17.00 dan Sabtu, Minggu dan Hari libur : 08.00 s/d 17.30. Luas taman ini yaitu 23 hektar yang dipenuhi keindahan bunga-bunga yang indah dari berbagai belahan dunia sesuai dengan iklim yang ada di Indonesia. Disini terdapat aneka taman bergaya internasional seperti:
•    Taman Perancis



•    Taman Jepang

 
•    Taman Bali

•    Taman Mediterania

•    Taman  Labyrint

•    Menara Padang (di menara ini kita bisa menikmati indahnya taman bunga nusantara dari ketinggian 28 m)

 
Disni terdapat banyak tanaman-tanaman yang dibentuk menyerupai burung merak, panda, dinosaurus, bebek, dan lain-lain, sehingga wisata agro ini berbasis kepada flora dan fauna yang hidup saling berinteraksi secara harmonis dan berkembang untuk selalu beradaptasi dengan lingkungan. Sehingga taman ini cocok untuk dijadikan tempat istirahat yang nyaman.


  
2. Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas merupakan taman dengan luas 125 ha. Harga masuk Kebun Raya Cibodas adalah  Rp. 6.000,00 per orang dan Rp. 2.500 untuk motor serta Rp. 15.000,00 untuk mobil. Di Kebun Raya Cibodas terdapat sekitar 1.162 jenis koleksi kebun, 320 jenis anggrek, 289 jenis kaktus, 22 jenis koleksi tanaman sukulen dan 103 jenis tanaman paku-pakuan. Selain terdapat berbagai macam tanaman yang eksotik, di Kebun Raya Cibodas terdapat air terjun yaitu air terjun Ciismun. Di tempat ini juga kita bisa bersantai-santai di padang rumput yang sangat luas, bisa bermain sepak bola, bahkan bisa pula melakukan kamping.
 
3. Kota Bunga
Kota Bunga terletak di derah hanjawar, Cipanas. Kota bunga merupakan suatu komplek villa dalam berbagai nuansa. Seperti gaya bangunan Jepang, Belanda, China, dan negara-negara lainnya. Ada juga bangunan yang menyerupai rumah-rumahan barbie, istana-istana, bahkan ada pula villa yang menyerupai rumah-rumah dalam dongeng. Karena merupakan suatu komplek perumahan jadi tidak dikenakan biaya pada saat masuk, kecuali masuk arena rekreasi kita dikenakan tiket masuk sesuai dengan wahana yang akan kita mainkan.



Disana juga terdapat tempat wisata keluarga seperti outbond, penyewaan ATP, tempat bermain anak-anak, dan Little Venice. Di Little Venice ini kita akan dimanjakan bak di luar negeri.




4. Istana Cipanas
Istana Cipanas merupakan Istana Kepresidenan yang terletak di Desa Cipanas, kabupaten Cianjur. Luas Area kompleks istana sekitar 26 hektar. Istana Cipanas ini terdiri dari bangunan-bangunan rumah dan taman-taman. Bagi anda yang ingin berjalan-jalan di Istana Cipanas ini tidak bisa sembarangan karena harus membuat surat izin terlebih dahulu.


5. Gunung Mas Puncak
Puncak sebenernya terletak di wilayah kabupaten Bogor, namun tidak terlalu jauh dari kabupaten Cianjur. Kurang lebih sekitar 10 km dari Cipanas. Di daerah puncak kita bisa melihat bentangan kebun teh yang menghampar luas. Di Puncak kita juga bisa berwisata ke Gunung Mas, jika cuaca sedang baik kita bisa mencoba untuk paralayang, dari atas gunung mas kita bisa melihat hamparan kebun teh yang sangat luas dan indah. Jika berkunjung ke daerah puncak, bagi anda kaum muslim jangan lupa untuk beribadah di masjid Atta’awun. Selain bisa beribadah kita juga bisa menikmati kesejukan dan keindahan puncak dari mesjid ini.

6. Waduk Cirata
Waduk cirata merupakan sebuah bendungan PLTA yang berada pada ketinggian 220 mdpl dan menggunakan genangan air seluas 6.200 hektar sebagai sumber utama guna menggerakan turbin PLTA Cirata yang mampu menghasilkan sekitar 1.400 juta kwh kistrik pertahun. Jika anda yang ingin ke Waduk Cirata bisa ditempuh dari arah Cianjur maupun arah Purwakarta. Berkunjung ke tempat ini tidak dipunggut biaya karena merupakan jalur lintas ke Bandung, Cianjur, maupun Purwakarta.

     
Itu adalah tempat-tempat wisata di daerah Cianjur. Jika anda sedang di daerah Cianjur tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat wisata tersebut. Ada pula wisata kuliner yang bisa dinikmati yaitu diantaranya sate maranggi  dan bubur ayam Cianjur yang termasuk makanan khas kota Cianjur. Atau anda juga bisa mecoba mie bakso yang ada di daerah ini. Mie baksonya memiliki keunikan tersendiri yaitu memakai mie yang mirip seperti karet gelang yang disebut mie aci.

1 komentar: