Senin, 01 Oktober 2012

Belajar Stereogram

Stereogram.......
Kata Stereogram bagi sebagian orang mungkin merupakan kata yang asing atau jarang didengar, begitu pun buat saya. Saya pertama kali mendengar kata stereogram yaitu dari atasan di tempat kerja. Beliau menunjukan gambar stereogram dan menyuruh saya untuk melihat gambar yang ada di dalam gambar tersebut. Setelah saya lihat gambar tersebut hanya ada gambar-gambar kecil yang tak beraturan. Beliau menyebutkan di dalamnya ada gambar tangan. Sedangkan saya hanya melihat gambar kumpulan bunga yang tak beraturan. Dalam pikiran saya waktu itu hanya terlintas saya yang be## atau atasan saya yang terlalu pintar, sehingga beliau bisa melihat gambar-gambar yang tak nampak. Setelah diamati dengan saksama dan dengan mengatur fokus mata, alhasil terlihat juga gambar yang dimaksud. Sebuah gambar tiga dimensi. Senang banget bisa menemukan gambar yang dimaksud. Ternyata melihat stereogram merupakan hal yang mengasyikan. Setelah bisa melihat gambar tiga dimensi dalam stereogram pertama, saya lanjutkan dengan melihat stereogram-stereogram yang lainnya. Hal tersebut memakan waktu kerja saya dari istirahat hingga bel pulang kerja. he...he....

Arti Stereogram itu sendiri????
Stereogram merupakan gambar dua dimensi yang menyimpan gambar objek tiga dimensi di dalamnya. Melihat gambar tiga dimensi merupakan hal yang menyenangkan. Karena kita bisa melihat objek yang tidak terbayangkan oleh kita dalam gambar dua dimensi.
Contoh gambar stereogram
Gambar dia atas jika kita lihat hanya berupa kumpulan daun-daun saja dan ada gambar burung-burung dari kertas orogami. Namun jika kita melihat dengan saksama dan dengan mengatur fokus mata secara perlahan akan nampak gambar tiga dimensi berupa gambar dua burung bangau dan gambar burung-burung dari kertas origami pun nampak lebih nyata dan bertingkat-tingkat.

Bagi anda yang belum paham mungkin saya bisa menjelaskan dengan analogi seperti ini, Walaupun tidak sama seperti stereogram tetapi memiliki kesamaan maksud.
perhatikan gambar.

Ke dua gambar di atas merupakan gambar yang digambar atau dilukis di lantai jalan, itu berarti gambar tersebut merupakan gambar dua dimensi. Tapi bila kita amati maka akan terlihat gambar seperti nyata yaitu gambar(1) adalah gambar kolam renang. Disana tampak seorang gambar perempuan yang sedang berenang. Sedangkan gambar(2) adalah gambar orang yang sedang menaiki pelampung di atas aliran sungai.

Bagi anda yang tertarik untuk melihat stereogram anda bisa melihatnya dengan cara-cara seperti ini.
Tips for Viewing Stereograms:
1. Pick a spot on the picture (the middle seems to work best) and just stare at it.
2. Allow your eyes to relax, don’t just stare AT the image, try to stare THROUGH it. You’ll notice your eyes will go slightly out of focus. This is normal.
3. Keep staring, don’t give up, once you begin to see the first image, it gets much easier.
(iqbalrois.wordpress.com)

Adapun cara yang melihat stereogram lebih lengkap bisa dilihat di http://lookmind.com/3dhelp.htm Contoh gambar stereogram yang lainnya.



Selamat mencoba!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar